Pencarian sekeliling King Of Math

My Daily Notes

My Daily Notes
Kini Tak Hanya Matematika, My Story & Fun Juga Ada... [^_^]

Kamis, 29 April 2010

Solusi olimpiade matematika SMA tngkat kabupaten tahun 2010

Silahkan download solusi penyelesaian olimpiade matematika kabupaten tingkat SMA tahun 2010 disini... (Click pada gambar...)
Tersedia hanya dalam format PDF
Oleh: Tjandra Satria Gunawan (King Of Math)

3 komentar:

  1. Maaf, tidak bisa posting langsung solusinya ke dalam blog ini karena keterbatasan fitur/fasilitas di blogger ini. Harap maklum "-_-"

    BalasHapus
  2. Salam King Of Math:
    Pada Pembahasan King OSN Mat 2010 no 6 Peluang A bertemu G dan Menang adalah 1/32.
    Padahal secara Sampel A ketemu G {BCE, BCF, BCG, BCH, BDE, BDF, BDG, BDH} n = 8
    A ketemu G {BCG dan BDG} maka n=2 Sehingga P(A ketemu G)= 2/8 = 1/4.
    dan Peluang A ketemu G dan Menang P = 1/4 x 1/2 = 1/8

    Terus No 16. soalnya gak usah diganti X(Kuadrat)+x-2 karena kalo diganti jadi soal PR biasa

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas komentarnya,
    Maaf, baru saya respon karena sudah lama saya tidak membuka blogger,
    -->Saya mulai dengan no 16, Soal asli dari soal no 16 telah saya coba kerjakan dengan segala cara, namun karena menemui jalan buntu, maka saya berpendapat bahwa ada kesalahan pada soal ini, sehingga tanda +/- nya saya ganti sedikit ager bisa dikerjakan, daripada soalnya "Ompong" satu.
    -->Kemudian untuk soal no 6 cara yang saya gunakan memang sudah saya "ringkas", dan banyak cara lain untuk sampai ke jawaban. Cara yang anda berikan memang benar, namun anda hanya menghitungnya dari sudut pandang 'A', sedangkan peluang 'G' untuk bertemu 'A' belum diperhitungkan, dengan cara yang sama, didapatkan sampel 'G' sampai ke semifinal: {HEA,HEB,HEC,HED,HFA,HFB,HFC,HFD}n=8. 'G' bertemu 'A' pada {HEA dan HFA} n=2 jadi peluangnya=2/8=1/4 (Dari sudut pandang 'G' saja. kemudian dari sudut pandang 'A', seperti yang anda perhitungkan, peluangnya juga 1/4, sehingga untuk mencari peluang keseluruhan, menurut logika matematika: 'A' bertemu 'G' DAN 'G' bertemu 'A', maka hasil peluang dari sudut pandang 'G' dan 'A' harus dikalikan, jadi hasilnya: (1/4)*(1/4)=1/16. itu hanya A sampai bertemu 'G', agar 'A' menang, tinggal dikali 1/2, maka hasilnya=(1/16)*(1/2=)1/32.

    BalasHapus

Foto-Foto album "King Of Math"